Ada sebuah percakapan di saat bener-bener belum tau
tentang hubungannya WARDAH dengan PT Paragon Technology and Innovation.
Tanya : “Apa yang kamu ketahui tentang WARDAH?”
Jawab : “Wardah adalah satu-satunya merk kosmetik yang
sudah halal.”
Tanya : “Apa yang kamu ketahui tentang PT Paragon
Technology and Innovation?”
Jawab : ”PT Paragon itu kan mall.”
Tanya : “Menurutmu, apa hubungannya WARDAH dengan PT
Paragon Technology and Innovation?”
Jawab : “Paragon itu kan pusat belanja dan wardah itu kosmetik.
Jadi didalam mall ada yang jual produk wardah kosmetik.”
Tanya : "Kamu Wardah Beauty Agent kan? Klo gitu kamu salesnya wardah dong?"
Jawab : "Iya, aku Wardah Beauty Agent Semarang. Enggak kok, Aku bukan salesnya. Tapii, Aku Wardah Brand Ambassador of Campus."
Nahhh, ini lah yang sering kita dengar dimasyarakat jika
mereka kurang pengetahuan tentang PT Paragon Technology and Innovation. Padahal
Wardah adalah salah satu brand dari PT Paragon Technology and Innovation. Selain itu, Wardah Beauty Agent dibentuk untuk mahasiswa agar mereka selalu mensosialisasikan tentang kesehatan kulit yang aman dan halal.
Bagaimana Sejarah PT Paragon
Technology and Innovation?
PT Paragon
Technology and Innovation berdiri pada tanggal 28 Februari 1985 dengan nama
awal PT Pusaka Tradisi Ibu. Perusahaan ini baru berganti nama menjadi PT
Paragon Technology and Innovation pada tahun 2011. Perusahaan ini didirikan
oleh pasangan suami istri Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc dan Dra. Hj. Nurhayati
Subakat, Apt. Pada masa itu, pendiri melihat masih ada peluang yang terbuka.
Perusahaan ini dimulai dengan sederhana namun sudah diusahakan dengan tata cara
yang baik. PT Pusaka Tradisi Ibu (PTI) pada awal berdirinya hanya memproduksi
perawatan rambut. Pada tahun 1987, perusahaan ini mengeluarkan produk perawatan
rambut dengan merk Ega yang dipasarkan ke salon-salon. Kemudian lahir produk
Putri yang sampai sekarang masih diproduksi.
Pada bulan
Desember 1990, PT Pusaka Tradisi Ibu mendirikan pabrik produksi di Kawasan
Industri Cibodas Tangerang. Pendirian pabrik yang baru ini bertujuan untuk
menambah kapasitas produksi yang terus meningkat.
Pada tahun 1995,
PTI meluncurkan produk terbarunya kosmetika kecantikan berlabel halal dengan
merk Wardah. Namun, belum bisa berjalan dengan baik dikarenakan rekanan
manajemen yang kurang baik. PTI kembali mencoba mengembangkan Wardah pada tahun
1996 dengan tetap bekerja sama dengan agen dalam pemasarannya. Sejak itu
penjualannya mulai menanjak dan PT Pusaka Tradisi Ibu memasuki pasar tata rias
(decorative).
Ketika krisis ekonomi 1998, banyak perusahaan
sejenis yang tutup. Daya beli masyarakat anjlok sementara harga bahan baku naik
sampai empat kali lipat. PTI mengambil reaksi cepat menyikapi krisis tersebut
di saat pesaing-pesaing lain tidak berproduksi. Setelah melewati masa krisis
selama empat bulan, PTI justru mengembangkan pasar. Ide untuk
membuat kosmestik khusus untuk komunitas muslimah baru muncul sepuluh
tahun kemudian. Munculnya produk ini didasari atas kesadaran pemilik perusahaan
terkait produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan tidak sesuai dengan syariat
Islam. Berawal dari kekhawatiran produk yang telah ada mengandung unsur yang
diharamkan dalam syariah. Sehingga alumnus farmasi ITB Bandung itu memilih nama
“Wardah” (arti: bunga mawar) untuk nama merk kosmetik barunya
Pada
tahun 1999-2003, PTI mengalami perkembangan kedua. Penjualan merk Wardah pada
masa tersebut melonjak pesat. Pabrik lain di Kawasan Industri Jatake Tangerang
didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 2001. PTI mulai memodernisasi
perusahaan pada tahun 2002-2003. Perusahaan ini mulai masuk ke pasar umum yang
memerlukan perubahan dari segi internal. Selain itu, juga melalui program
promosi dan membina tim promosi.
Pada
tahun 2005, PT Pusaka Tradisi Ibu sudah menerapkan Good Manufacturing
Practice (GMP) dan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB). Sampai
sekarang, di Indonesia baru 80 pabrik dari keseluruhan 760 pabrik yang sudah
menerapkan CPKB. Selain itu, PTI menjadi percontohan pelaksanaan CPKB untuk
industri kosmetika yang lainnya. PTI sampai dengan saat ini sudah memiliki 26
Distribution Centre (DC) hampir di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini
perusahaan ini telah memiliki DC di Malaysia. PT
Paragon Technology Innovation (PTI) berdiri
sejak 1985 dan telah mendapatkan sertifikat GMP (Good Manufacturing Practice)
dengan kapasitas produksi yang besar dan formulasi kosmetik yang unggul.
Dengan
pengalaman lebih dari 28 tahun, PTI telah membawa Wardah sebagai brand lokal
terbesar di Matahari, Departemen Store terbesar di Indonesia. PTI juga terus
mengembangkan brand-brand unggulan lainnya (Make Over, Putri, IX, Vivre, Hair
Addict, Nusilk).
Apa sih WBA itu??
WBA (singkatan dari Wardah Beauty Agent) merupakan wadah yang tepat
bagi mahasiswa untuk menginspirasi
para wanita agar peduli dengan kecantikannya dan wardah kosmetik adalah pilihan
yang tepat untuk merawat kecantikan agar lebih percaya diri.
Wardah Beauty Agent ini kelompok yang dibentuk dari Wardah cosmetics yang dinaungi oleh
PT Paragon Technology and Innovation.
WBA merupakan kumpulan
mahasiswi yang peduli akan kecantikan dan bersedia melakukan berbagai langkah
kecil untuk dapat menjadikan semua wanita merasa lebih cantik dan percaya diri.
Adapun tugas WBA ini ialah mempromosikan brand kosmetik wardah serta
melaksanakan project atau event yang berhubungan dengan kecantikan dan dapat
mengispirasi banyak orang.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar